Instalasi software
LAPORAN
HASIL INSTALASI
SOFTWARE
NAMA : DWI MAGHFIROH
NO.ABSEN
: 05
SMK
EYZZUL MOSLEM BULU
Jl.K
.Rofi’I No.22 Gondosuli Bulu
TEMANGGUNG
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Dewasa ini perkembangan dan
kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat
pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia
dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu "
teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin,
kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat
memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang
hampir disetiap tempat kita temukan adalah computer. Sekarang computer sangat
berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami
perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah, dikafe,
disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari computer itu
sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan
computer maka hanya bias dikantor atau dirumah, kalau sekarang mereka bias
menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
Software yang kita gunakan
sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang
panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat
dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus ditemukan di Babilonia
(Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang
pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada
periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis
yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer
oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh
Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun
1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran
dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan
yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai
sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan system ajabar Boolean.
B. Pengertian Perangkat Lunak
Nama lain dari Software disebut juga
dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak,
sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras
adalah komponen yang nyata yang dapat dilihat dan disentuh oleh manusia, maka
software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik,
software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita
bisa mengoperasikannya.
Pengertian Software komputer adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak
inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Ada beberapa pengertian software yang kami dapatkan dari sumber berbeda. Di
dalam artikel ini kami akan menyajikan pengertian software menurut dua sumber,
yang pertama pengertian software menurut penulis di wikipedia, dan pengertian
software menurut buku Rekayasa Perangkat Lunak.
Menurut id.wikipedia.org, pengertian software adalah bagian dari
sebuah sistem komputer yang tidak memiliki wujud secara fisik, software atau
perangkat lunak merupakan istilah umum untuk sebuah data yang diformat dan
disimpan dalam bentuk digital, didalamnya termasuk program komputer,
dokumentasi, serta berbagai informasi yang dapat dibaca dan ditulis oleh
komputer.
Menurut buku Rekayasa Perangkat Lunak, pengertian software
adalah instruksi langsung kepada komputer untuk melakukan pekerjaan dan
dapat ditemukan pada setiap aspek kehidupan modern dari mulai aplikasi kritis yang
menyangkut kehidupan, seperti software pemantau medis dan pembangkit energi
listrik hingga program untuk hiburan, seperti game dan video.
Pada sebuah software terdapat jutaan baris kode yang dibuat oleh manusia,
baris-baris kode yang tersusun tersebut menjadi jembatan penghubung antara
manusia dengan komputer untuk melakukan interaksi secara langsung. Software
yang baik mempunyai tingkat keandalan yang tinggi dan harus dihasilkan secara
ekonomis.
C.Sejarah Software
Perkembangan perangkat lunak tidak terlepas dari industri perangkat lunak
itu sendiri. Industri perangkat lunak mulai berkembang pada tahun 1950.
Perkembangan software atau perangkat lunak tidak semulus yang kita bayangkan,
industri-industri perangkat lunak saat itu pada awal perkembangannya banyak
menemui permasalahan. Perkembangan software atau perangkat lunak dapat
dikelompokkan menjadi 4 era, yaitu:
·
Era Pemula
Sejarah software mencatat bahwasannya pada era pemula ini software
merupakan sambungan-sambungan kabel ke antarbagian dalam komputer. Penggunaan
komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, yaitu berupa program untuk
sebuah mesin dengan tujuan tertentu. Ciri khas software dari era ini adalah
software dibuat menyatu dengan perangkat kerasnya. Proses yang dilakukan software
pada komputer yaitu berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan.
·
Era Stabil
Penggunaan komputer semakin populer pada era ini, tidak hanya kaum akademis
dan peneliti tetapi sudah digunakan untuk kebutuhan pada sebuah industri.
Perusahaan software pun mulai banyak bermunculan, dan pada era ini software
telah mengalami kemajuan yaitu telah mampu menjalankan beberapa fungsi. Baris
perintah software mampu dikerjakan secara bersamaan oleh komputer, sehingga
software pada saat itu telah menjadi sebuah produk. Pada era stabil, software
telah mengenal sistem basis data.
·
Era Mikro
Seiring dengan perkembangan penggunaan komputer berbasis PC dan jaringan
komputer di era ini, software juga ikut mengalami perkembangan guna memenuhi
kebutuhan perseorangan. Pada era ini software mulai dibagi kepada dua macam,
yaitu software yang bekerja sebagai sistem dan software yang dapat digunakan
secara langsung oleh pengguna untuk suatu kebutuhan tertentu.
·
Era Modern
Era moden merupakan era software yang kita alami saat ini, dimana software
telah dapat digunakan dalam banyak media perangkat keras. Tidak hanya unit
komputer, software pun kini telah banyak digunakan dalam perangkat mobile, TV,
AC, Mesin Cuci, hingga Oven. Yang lebih hebatnya lagi semua perangkat tersebut
kini mulai memliki kemampuan untuk saling terhubung.
·
Sebelum 1983
Versi awal dari UNIX disebarkan
secara gratis, tetapi versi awal ini tidak disertai dengan izin untuk
menyebarluaskan atau izin untuk menyebarkan versi yang dimodifikasi sehingga
tidak dapat dikatakan perangkat lunak bebas.
Pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, perusahaan-perusahaan memulai membatasi perangkat lunak melalui hak cipta. Hal ini disebabkan karena perangkat lunak-perangkat lunak tersebut
berubah menjadi sumber pendapatan sebagai perangkat lunak tak bebas.
Beberapa perangkat lunak bebas
dikembangkan sebelum 1983 dan terus digunakan sampai sekarang termasuk TeX dan SPICE.
·
Dimulainya GNU dan FSF (1983-1990)
Pada 1983, Richard Stallman meluncurkan proyek GNU yang bertujuan untuk menulis sebuah sistem operasi yang lengkap dan yang kode sumbernya bebas digunakan oleh siapa saja.
Beberapa insiden khusus yang memotivasi hal ini termasuk kasus dimana
sebuah pencetak yang tidak bekerja dan tidak bisa diperbaiki penggunanya karena kode
sumbernya tidak tersedia. Kasus terakhir adalah sengketa antara Stallman
dan Symbolics, Inc.Tidak lama setelah peluncuran
proyek GNU, Stallman memopulerkan istilah "free software" atau
"perangkat lunak bebas" dan mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas untuk mempromosikan konsep
tersebut. Definisi Perangkat Lunak Bebas kemudian dipublikasikan pada
Februari 1986.
Pada 1989, versi pertama
dari Lisensi Umum Publik GNU dipulikasikan. Versi 2-nya dipublikasikan pada 1991.
Pada 1989, beberapa pengembang
GNU mendirikan perusahaan Cygnus Solutions yang bertujuan untuk
menyediakan dukungan komersial atas produk perangkat lunak bebas. Cygnus
·
GNU+Linux (1991-)
Pada 1992, sebuah kernel yang dimulai oleh Linus Torvalds pada tahun sebelumnya
dirilis sebagai perangkat lunak bebas. Pada waktu itu, proyek GNU
telah menghasilkan atau mengintegrasikan semua yang diperlukan sebuah sistem operasi kecuali sebuah kernel.
Kombinasi Linux dan sistem GNU menciptakan sistem operasi bebas dan lengkap
yang pertama sejak 1983. Lihat pula: Kontroversi penamaan GNU/Linux.
·
Free BSD (1993-)
Pada 1993, FreeBSD dan NetBSD dirilis sebagai perangkat
lunak bebas. Keduanya berasal dari 386BSD. OpenBSD kemudian dikembangkan dari NetBSD pada 1995.
D.SEJARAH SOFTWARE DAN PERKEMBANGANNYA
Sejarah metodologi pengembangan
software seperti pencarian peluru perak, yang tujuan utamanya adalah mengatur
kompleksitas sistem software dengan suatu cara. Persepsi personal sya(pengarang
software developtment book): mengembangkan sistem software yang kompleks,cukup
kompleks, membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar. kita akan melihat pada
lima metodologi secara garis besar yang biasanya dikembangkan dan digunakan.
Metodologi Object Oriented
Programming (OOP) berkembang dari ide structrured programming. OOP mengatur
komplesitas software dengan memaketkan kode dan data yang biasa digunakan
bersama. Biasanya kita samakan dengan object pada dunia nyata. pada OOP, kita
kadang kadang memodelkan object dunia nyata(ex: menulis program simulasi,
ketika pertamakali konsep OOP dikembangkan) sebagai object software dan juga
sebagai model benda non-material seperti prosess, cara mengorganisasi informasi
dan lain sebagainya sebagai object software. Sebuah object software dapat menjaga
internal statenya sendiri. Hal ini sangat berbeda dengan program terstruktur
yang kodenya bisa terstruktur dan dapat dimengerti dengan mudah, tetapi global
data yang dipakai bersama terdapat pada semua bagian sistem software-termasuk
didalamnya bagian tanpa kebutuhan untuk akses atau modifikasi data tersebut.
Design Patterns.
Design Patterns.
Pada pengembangan software,
penggunaan design patern didasarkan pada observasi bahwa beberapa proyek
software gagal sementara proyek yang mirip berhasil (hal ini dapat berupa pola
managemen, pole penjadwalan, pola testing dll). pada desain software,
penggunaan pola didasarkan pada observasi lebih lanjut pada pola desain umum
untuk tugas yang hampir sama digunakan berulangkali untuk proyek yang berhasil.
Extreme Programming Extreme
programming didasarkan pada identifikasi kebutuhan kostumer dan berkonsentrasi
pada pengembangan dan pembuatan kebutuhan pelanggan (kostumer) dengan cepat.
menggunakan desain sederhana untuk berkomunikasi dengan pelanggan, pengembang
extreme secara teratur mengembangkan software dengan prioritas pada keperluan
yang paling penting.
Extreme programming merupakan
pendekatan yang berbeda dengan skenario tradisional yang memerlukan waktu baik
pengembang maupun pelanggan untuk mencoba (biasanya dengan tingkat kesuksesan
yang terbatas) mendokumentasikan secara detail software yang telah dikembangkan
selama beberapa lama waktu yang dihabiskan. pengembang yang berpengalaman
mengerti bahwa implementasi yang ter-stag secara positif berpengaruh pada
proses desain. extreme programming secara special efektif ketika kebutuhan
kompleks dan tidak memerlukan hal seperti sebelumnya.
Extreme programming biasanya
dideskripsikan sebagai sebuah phrase yang cukup berarti bagi penulis: test
driven programming. menulis kode test sebelum menulis kode aplikasi. kemudian
menulis software cukup untuk memenuhi unit test. tidak diijinkan untuk mengubah
kode software sebelum seluruh test unit dilalui. gunakan tools seperti Unit
(www.junit.org) untuk menulis test yang terotomasi.
Aspect oriented Programming ide
utama dibalik aspect oriented programming (AOP) adalah pemisahan konsentrasi
sistem software pada bagian yang berbeda. pada prinsipnya, pilosofi ini
mengijinkan pengembangan sistem yang lebih modular, dengan modularitasnya
terkontrol oleh konsentrasi pengembangan yang berbeda. untuk programmer java,
direkomendasikan untuk mencari AspectJ project (eclipse.org/aspectj). Sebagai
kutipan yang didapat dari situs web AspectJ : “AspectJ enables the clean
modularization of crosscutting concerns such as:error checking and handling,
synchronization, context-sensitive behavior, performance optimizations,
monitoring and logging, debugging support, multi-object protocols” Baik free
eclipse java IDE (www.eclipse.org) dan IntelliJ Java IDE yang berbayar(www.intellij.com)
keduanya mendukung AspectJ.Aspectj adalah sebuah ekstensi (perluasan) bahasa
java dan membutuhkan preprocessing. catatan: meskipun telah mengikuti AOP,
penulis masih belum menggunakannya pada proyek nyata.
Jika kita amati sekarang ini gerakan
Open Source sudah mulai merambah di Indonesia yang identik dengan Sistem
Operasi Linux. Open Source yang akrab terdengar di telinga orang-orang TI dapat
dikatakan sebagai source code yang terbuka bagi siapa saja yang ingin
mempelajari maupun ikut mengembangkan. Source Code ini disertakan dengan
distribusi paket software yang sudah jadi (hasil kompilasi) sehingga pembeli
ataupun pengguna software dapat membedah software tersebut sesuai dengan
keperluanya. Bahkan dapat ikut memperbaiki Bug atau kesalahan logika dalam
software tersebut.
Salah satu Open Source yang sangat
terkenal yaitu sistem operasi linux, setiap distribusinya vendor selalu
menyertai source kode linux. Satu hal yang perlu ditekankan bahwa software open
source tidak selalu gratis tetapi ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli
software tersebut. Sebagai contoh Sistem Operasi RedHat Linux yang dapat dibeli
dengan harga yang murah. Lalu apa bedanya Sistem Operasi Open Source dengan
Sistem Operasi Close Source seperti yang dipunyai pak Bill Gates? Dalam banyak
kasus, bila terjadi Bug dalam software yang Close Source pengguna sangat
tergantung kepada vendor yang harus menunggu update untuk memperbaikinya.
Seringkali vendor kurang cepat merespons perkembangan terkini dan permintaan
pengguna.
Bagaimana dengan Open Source? Ya,
Open Source adalah salah satu solusi yang menjanjikan saat ini bagi suatu
perusahaan. Perusahaan dapat membelinya dengan biaya yang jauh lebih murah dan
perbaikan maupun keperluan software tersebut dapat dilakukan oleh staf TI
perusahaan itu sendiri. Sehingga apa yang terjadi? Dengan software yang open
source dapat mendorong semangat tenaga-tenaga TI untuk mempelajari source code
tersebut, dapat menganalisa dimana kelemahan software, apa sesungguhnya proses
yang berlangsung dalam kerja software, dan sekaligus mencari solusi terhadap
kelemahan software yang ditemui. Atau yang lebih ekstrim adalah memodifikasi
software sedemikian rupa agar lebih ergonomis / pas digunakan sesuai dengan
keperluan.
Open Source secara tidak langsung
mendorongan tenaga TI tidak hanya menjadi End User yang hanya mampu
memanfaatkan hasil kerja orang lain. Dengan demikian jika tenaga TI negeri kita
hanya berlaku sebagai End User maka bidang TI negara kita akan tertinggal
dengan negara-negara lain. Maka dengan adanya Open Source dapat dipelajari
source code software dan dapat menganalisa teknik yang digunakan dalam
pembuatan software tersebut yang nantinya pengetahuan tersebut dapat
dimanfaatkan untuk merancang aplikasi yang berguna.
Dengan melihat perkembangan Open
Source yang melaju dengan pesat beberapa waktu yang lalu pemerintah kita
Indonesia telah menerapkan Open Source Software yang dideklarasikan dalam
Indonesia Go Open Source (IGOS) yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan
negara kita dengan negara maju. Semoga langkah yang baik ini sebagai awal
perkembangan software Indonesia dan didukung oleh tenaga TI Indonesia dan
seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
1. Software
"PC Inspector File Recovery 3.0"
2. Software
"PrayAlert Personal Edition 1.3.1015
3. Software
"RAMBooster 1.6"
4. Software
"Subseven: Firewall 1.0"
5. Software
"Ad-aware 6.0"
6. Software
"Ad Blocker 4Google2 2.3.3"
7. Software
"Mozilla Firefox 1.0"
8. Software
"FxFoto 2.0.043"
9. Software
"Download Manager"
BAB II
PEMBAHASAN
A. JENIS-JENIS SOFTWARE
Secara umum, ada dua jenis
software. Pertama adalah software aplikasi. Software aplikasi adalah software
yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk
teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya. Kedua adalah
software sistem. Software sistem adalah software yang menjadi tempat semua
software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS,
dan sebagainya.
Menurut cara memperolehnya (harga
beli dan legalitas), software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis
pertama adalah freeware. Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa
biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna.
Jenis yang kedua adalah shareware.
Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu
tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan,
apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi
membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Beberapa contoh dari
shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Ketiga, propietary software.
Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli
di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary
software sangat dibatasi oleh hak cipta.
Jenis keempat yang mulai populer
adalah open source software. Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open
source software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah
sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya
maupun yang telah kita ubah. Berikutnama software dan penggunaannya :
o Xing MPEG
Player :
memutar CD, VCD
o Linguist
kamus :
bahasa inggris.
o Winamp :
memutar lagu - lagu MP3.
o Total Fonts
2002 :
koleksi jenis huruF.
o Microsoft
Word :
pengetikan.
o Microsoft
Excel :
pembuatan tabel – tabel.
o Microsoft Front
Page :
pembuatan web site.
o Microsoft Power
Point :
pembuatan presentasi.
o Microsoft
Outlook :
pengaturan jadwal, email, nbr tlp, dll.
o Adobe Acrobat
Reader :
program pembaca dokumen tutorial.
o LinSys
3D :
gambar 3 dimensi.
o Winzip :
program kompres file (memperkecil ukuran ) Macromedia.
o Dreamweaver :
pembuatan web site.
o Macromedia
Flash :
pembuatan gambar animasi.
o Macromedia Free
Hand :
pembuatan gambar.
o Visual
Studio :
komputer programming.
o Microsoft Web
Publishing :
pengiriman data website ke dunia internet.
o Corel
Draw :
pembuatan gambar.
o ACD :
See melihat - lihat gambar.
o Swish :
pembuatan animasi.
Macam-macam Software Berdasarkan Kategori
1. Audio
and Video
2. CD and
DVD Tools
3. Browsers
and Plugins
4. File
Sharing
5. Messaging
and Chat
6. File
Transfer
7. Office and
News
B. Perangkat Lunak
Berbayar dan Bebas
Software atau perangkat lunak komputer
berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software
berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware,
adware) . untuk lebih jelasnya silahkan baca definisi lebih detail mengenai
beberapa jenis software tersebut.
Software berbayar merupakan perangkat
lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin
menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau
membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan
software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software
tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini
misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop,
dan lain-lain.
Freeware atau perangkat lunak gratis
adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa
batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar
(misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi
tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis
freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan
hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan
selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang
didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite
browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL
(Free Software).
Free Software lebih mengarah kepada bebas
penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena
bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah
letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat
digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free
software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan
distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk
mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware.
Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen
dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free Software
dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang
berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan
sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus
gratis.
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi
untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik
sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas
atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan
demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli
dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat
jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini
biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah
hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan
Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat lunak
bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini
disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari
Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran
untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
C. IDENTIFIKASI JENIS-JENIS SOFTWARE
1. Sistem
Operasi Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer
pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Terdapat 2 jenis sistem
operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface)
yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical
User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating
Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol.
Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000,
NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2. Program
Bantu dan Program Tambahan Program bantu (utility) merupakan program yang
digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem
operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari
program ini. Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem
jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang
dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system)
menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser).
Netware, Token R ing dan Lantastic merukan contoh-contoh program ini.
3. Bahasa
Komputer (Computer Language) Computer Language merupakan bahasa yang digunakan
untuk membuat program komputer. Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a) Low Level Language, merupakan
bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh
pembuatnya.
b) High Level Language, merupakan
bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Ada
pula beberapa tipe software, diantaranya :
o
Software Games Jenis software ini termasuk
dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam
jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games),
first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
o
Software Driver Program in mengijinkan
komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti
printer, scanner, dan video cards.
o
Software Pendidikan berbeda dengan
jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari
komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai
macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
o
Media player dan pengembangan software media
lainnya – Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media
digital seperti file music atau video.
o
Software Produktifitas Jenis software ini
mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis
atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah
software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software
presentasi dan beberapa software lainnya.
o
Operating sistem software yang
merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya
untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista,
Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos dll, dan pada software inilah program
aplikasi lainnya di install.
o
Software Aplikasi Software yang diinstal pada
komputer yang sesuai dengan os yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal
sesuai dengan kebutuhan User (Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms
Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw,
Autocad dll).
o
Software Program Software yang berfungsi
untuk membuat aplikasi-aplikasi program (Membuat Program baru) seperti program
Games, Program data Base, Program Web dll, Contoh Software Program : Visual
Basic, Cobol, C++, Program PHP dll.
o
Software Aplikasi Tools Program-program yang
berfungsi untuk mempercepat, memperbaiki, dan mempermudah pengoperasian
komputer.
·
BAHASA PEMROGRAMAN
1. Pemrograman
Prosedural (Procedural Programming) :
·
Algoritma berisi urutan langkah-langkah
penyelesaian masalah. Ini berarti algoritma adalah proses yang procedural.
2. Pemrograman
Terstruktur (Structured Programming).
·
Contoh bahasa pemrograman terstruktur :
Pascal. Cobol, RPG, ADA, C.
3. Pemrograman
Modular(Modular Programming)
·
Program-program yang besar cenderung sulit
terutama karena kompleksitas dari program tersebut, dan banyak bagian dengan
hubungan yang rumit dan detail yang sebenarnya tidak perlu. Salah satu metode
dalam penyusunan program terstruktur adalah pemrograman modular.
4. Pemrograman
Fungsional (Functional Programming) :
·
Contoh bahasa pemrograman fungsional : Lisp,
Scheme, ML, Haskell,
Erlang.
Erlang.
5. Pemrograman
Berorientasi Objek (OOP/Object-Oriented Programming) :
·
Object / Objek : Elemen yang memiliki fungsi,
metode, karakteristik tertentu yang dapat dibedakan dalam dunia nyata.
Berikut adalah macam bahasa pemrograman lain
yang perlu anda ketahui
:
1. Bahasa
Pemrograman HTML HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah
halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser
Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan
dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa
kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai
dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka
dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet
Explorer.
2. Bahasa
Pemrograman PHP PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai
saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada
waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa
sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak
dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup
kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem
operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
3. Bahasa
Pemrograman ASP ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan
salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP
bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
4. Bahasa
Pemrograman XML Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna
yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML
menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas
pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat
penanda/markup pada sebuah dokumen.
5. Bahasa
Pemrograman WML WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu
bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible
Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam
aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol
nirkabel.
6. Bahasa
Pemrograman PERL Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem
operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi
seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan
bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
7. Bahasa
Pemrograman CFM Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe
ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.
8. Bahasa
Pemrograman Javascript Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang
berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang
dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan
JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu
menjalankan JavaScript.
9. Bahasa
Pemrograman CSS Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet
yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa
markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web
yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat
dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi
CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
·
Sistem Operasi
Dalam Ilmu komputer, Sistem
operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat
lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat
keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software
aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari
beberapa bagian :
a. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan
kernel ke dalam memory.
b. Kernel, yaitu inti dari
sebuah Sistem.
c. Operasi Command Interpreter atau
shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
d. Pustaka-pustaka, yaitu yang
menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh
aplikasi lain.
e. Driver untuk
berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum
(termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Keluarga
Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment
(versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan
Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows
Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun
2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun (2014)
2. Keluarga
Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX,
keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis
kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac
OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac
atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger).
Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard). Sedangkan
komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi
yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang
dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
·
Program Aplikasi
Software ini dibuat untuk tujuan tertentu.
Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.
Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa
macam berdasarkan fungsinya, al :
a. Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan untuk membuat
dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi
ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.
b. Pengolah angka
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah
angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft
Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.
c. Pengolah presentasi
Aplikasi ini digunakan untuk membuat
presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office
Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.
d. Pengolah gambar
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar
dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.
e. dan lain-lain
Dalam aplikasi ada istilah Paket Program.
Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari
beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft
Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dsb.
Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi
biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu.
Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada
juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla
Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.
v
Persiapan dalam menginstal sistem operasi komputer
Sebelum melakukan instalasi sistem operasi dikomputer seperti install
windows, linux dan lainnya, terlebih dahulu kita harus melakukan persiapan.
Persiapan ini dilakukan guna mengantisipasi berbagai macam kemungkinan yang
kerap terjadi pada saat instalasi windows dan sistem operasi lainnya sedang
berlangsung. Dan dengan beberapa persiapan install ulang windows diharapkan
segala macam masalah yang timbul bisa segera dapat diatasi.
Beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan install
windows pada Komputer atau laptop adalah sebagai berikut :
Backup Data
: Data pada komputer atau laptop harus semuanya terbackup agar tidak
menjadi masalah setelah install ulang komputer atau laptop, data yang
dimaksudkan disini adalah semua data mulai dari file office, file gambar, musik
atau file multimedia lainnya.
Driver Komputer
atau laptop : Driver adalah komponen penting dalam proses kerja
komputer atau laptop, karena fungsi driver adalah mengenalkan perangkat
komputer atau laptop sehingga komponen komputer atau laptop dapat berfungsi
sebagai mana mestinya, seperti sound pada komputer atau laptop dan lain
sebagainya.
Software tambahan
atau pelengkap : Selain software OS, software lain harus juga kita
persiapkan agar mempercepat proses install ulang pada komputer atau laptop.
Charger Laptop :
Pada PC Ddesktop hal ini tidak perlu diperhatikan tapi tidak dengan laptop.
Karena tidak sedikit dari kita yang terkadang melupakan charger, sebagai
penyuplai daya pada laptop. Agar proses install ulang windows atau OS tidak
berhenti karena kehabisan daya listrik pada laptop.
Penginstalan sistem operasi
Berikut adalah tata cara pemasangan atau penginstalan sistem operasi komputer yaitu windows xp, berikut adalah
langkah-langkahnya:
·
Atur bios terlebih
dahulu agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, caranya:
·
Masuk ke BIOS dengan
menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis.
Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis.
·
Ubah pengaturanya, agar
CDROM jadi urutan yang pertama dengan menekan tombol PgDn/Up. Untuk
memindahkan Boot Priority tersebut.
·
Tunggu beberapa saat
sampai muncul tulisan "press any key to boot from CD".
·
Tekan ENTER atau
sembarang tombol, lalu proses instalasi akan mengecek hardware komputer anda,
kemudian akan muncul tulisan "windows setup" lalu file-file di dalam cd akan di load
ke dalam komputer, kemudian akan muncul tampilan "welcome to setup" .
·
Tekan "ENTER"
untuk menginstal windows xp, "R" untuk repair system windows yang
sebelumnya pernah terinstal, "F3" untuk keluar dari proses instalasi,
lalu akan muncul (End User Licese Aggrement) seperti gambar di bawah ini.
·
Tekan "F8"
kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk anda,
kemudian akan muncul semua partisi hardisk anda,.
·
Tekan "ENTER"
untuk langsung menginstal windows, "C" untuk membuat partisi hardisk
anda, kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan anda, dalam satuan MB,
selanjutnya jika anda membuat partisi dengan menekan tombol "C",
·
Kemudian tuliskan
kapasitas partisi yang ingin anda buat, seperti terlihat pada gambar diatas,
sebagai contoh, misalkan kapasitas hardisk anda 40 GB, lalu anda ingin membagi
dua, maka tuliskan 20000,jangan 20, karna partisi satuannya
MB, ( 1GB = 1000 MB).
·
Kemudian tekan
"ENTER" .
·
kemudian pilih
"format the partition using the NTFS file system (Quick)" tekan
"ENTER" .
·
Kemudian arahkan
pointer pada posisi "unpartitioned space", lalu tekan "C"
maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar yang
akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah
anda telah bagi, jika anda cuma membagi 2 partisi saja maka langsung
tekan "ENTER”.
·
Setelah selesai format,
kemudian windows akan menyalin file untuk proses instalasi,
·
Setelah proses
penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart.
·
Setelah itu akan muncul
loading windows selanjutnya proses instalasi windows di mulai .
·
Selanjutnya tinggal menunggu dan langsung
klik Next.
·
Isi nama dan
organisasinya, lalu klik Next, dan akan muncul windows.
·
Masukan serial
numbernya, kemudian klik Next.
·
Masukan settingan jam
dan tanggal, tentukan juga time zone anda, untuk jakarta : pilih GMT+7 Klik
"Next" lagi BOS.... setelah proses instalasi windows selanjutkan,
·
Silahkan Menunggu
lumayan lama BOS.
·
Selanjutnya akan muncul
layar work group or computer Domain,
·
Jika komputer anda
terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer
anda stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan
"Next".
·
Selanjutnya akan muncul
display setting, seperti gambar di bawah ini, klik "OK" .
·
Kemudian windows akan
mendeteksi tampilan optimal dari PC anda, seperti terlihat pada gambar di bawah
ini, Klik "OK" .
·
Proses instalasi hampir
selesai BOS..... selanjutnya akan muncul loading jendela windows.
·
Selanjutnya anda akan
dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada
gambar di bawah ini, tekan "Next".
·
Selanjutnya akan muncul
layar "Help Protect Your PC", seperti gambar di bawah ini, kemudian
pilih "Not Right Now" lalu tekan "Next".
·
Kemudian komputer akan
mengecek koneksi ke internet, seprti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih
"Yes" lalu tekan "Next".
·
Kemudian akan muncul
pilihan aktivasi windows, lalu tekan "Next".
·
Setelah itu akan muncul
tampilan seperti gambar di bawah ini yang menunjukan pilihan untuk menambah
pengguna komputer, Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses
komputer Anda, Namun jika satu akun sudah cukup, atau Anda menginstall komputer
untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik
"Next".
·
Proses instalasi
windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik
"finish", maka proses instalasi selesai.
·
Selesailah sudah
semua.... kemudian perlahan masuk ke windowsnya.
·
Kemudian tinggal
menginstal CD Driver Motherboad, dan perangkat pendukung lainnya.
Contoh langkah penginstalan program aplikasi:
LANGKAH INSTALASI MICROSOFT OFFICE
2007
v Masukkan CD instalasi Microsoft
Office 2007 ke CD-ROM,perlu diketahui bahwa untuk Office 2007 ini akan berjalan
pada Windows XP.
v Selanjutnya akan muncul proses
penyalinan dari CD ke komputer tunggu hingga selesai.
v Selanjutnya akan muncul kotak
dialog yang meminta anda untuk memasukkan Product Key / Serial Number pada
kolom yang tersedia.
v Jika Product Key yang dimasukkan
benar,maka akan muncul tanda centang di sebelah kanan, selanjutnya tekan
continou.
v Kita akan dihadapkan pada tampilan
“Choose the instalation you want” disini kita dapat memilih =
Install now : kalau kita memilih pilihan
ini maka kita akan menginstal paket defaultnya
Office
2007 tanpa harus memilih paket yang diinginan.
Costomize : kalau kita memilih pilihan
ini maka kita dapat memilih paket apa saja yang akan
kita install.
v Kita dapat memilih apa saja isi
paket Office 2007 yang akan kita install .Apabila kita tidak ingin menginstall
nya,maka kita tinggal memilih not available dan software yang kita pilih akan
terdapat tanda X merah yang berarti software tersebut tidak kita sertakan dalam
proses install.Kemudian pilih install now untuk menjalankan instalasi.
v Proses instalasi sedang
berjalan,tunggulah beberapa menit.Semakin tinggi spesifikasi komputer yang kita
gunakan,semakin cepat pula proses instalasi.
v Selanjutnya akan terjadi proses
penginstalan,tunggu hingga selesai.
v Setelah proses instalasi selesai
tekan close.
v Aplikasi Microsoft Office 2007
sudah bisa kita gunakan.
LANGKAH INSTALASI ACD See 8
v Masukkan CD master ACD See 8 ke CD
ROM, lalu akan muncul tampilan preparing to install.
v Kemudian akan muncul tampilan
welcome to install shield wizard ACD See 8,klik next.
v Selanjutnya akan muncul kotag
dialog licence agreement,pilih “ I accept the licence agreement”,klik next.
v Lalu muncul tampilan Costomer Information,
isikan user name dan organization sesuai keinginan ,serta masukkan licence
kode, klik next.
v Lalu akan muncul tampilan SetUp
Type,pilih complete lalu klik next.
v Lalu akan muncul tampilan Sheel
integration setup.Pilih all untuk menginstall semua komponen ACD see 8 klik
next.
v Akan muncul tampilan ready to the
install the program yang berarti komputer siap untuk proses instalasi klik
install.
v Akan muncul tampilan installing
ACD See 8.Tunggu hingga proses instalasi selesai.
v Setelah proses instalasi selesai
,akan muncul tampilan install shield wizard complete klik finish.
LANGKAH INSTALASI ADOBE
POTOSHOPE 7.0
v Masukkan CD Adobe potoshope dalam
CD ROM,tunggu hingga muncul tampilan setup is preparing the install shield.
v Akan muncul tampilan welcome to
Potoshope setup program.Klik next untuk melanjutkan instalasi.
v Akan muncul menu pilihan bahasa
yang akan digunakan.Pilih U.S English yang lebih familiar ,klik next.
v Selajutnya muncul kotak dialog
licence agreement.Pilih accept untuk melanjutkan proses instalasi.
v Akan muncul kotak isian user
information .Isilah nama sesuai keinginan pada kotak isian first name &
last (family) name serta nama perusahaan pada kotak company.Isikan serial
number yang biasanya tertera pada CD master Adope Potoshope ,lalu klik next
untuk melanjutkan proses instalasi.
v Setelah itu muncul pesan ” Is the
regristration information correct ?” yang menandakan bahwa apakah sudah yakin
dengan pemberian nama yang telah diisikan pada kotak user information.Jika
sudah yakin klik yes,tapi jika belum yakin dan ingin memperbaiki atau mengganti
klik no.
v Dilanjutkan dengan pilihan jenis
instalasi.Pilihan Typichal ,klik next.Perhatikan juga dimana instalasi tersebut
akan ditempatkan,biasanya diletakan di program files drive C.
v Akan muncul tampilan Description
yang memperlihatkan komponen yang akan diinstall ,klik next untuk melanjutkan.
v Lalu muncul tampilan Current
Setting ,tampilan ini melihatkan komponen mana yang akan di install.Klik next
untuk proses penginstalan.
v Dilanjutkan dengan proses
penginstalan ,tunggu sampai selesai.
v Setelah proses penginstalan
selesai,maka akan muncul tampilan Setup Complete,klik finish.
v Akan muncul tampilan ucapan
terimakasih,klik OK ,maka proses penginstalan Adope Potoshope 7.0 selesai.
LANGKAH INSTALASI ADOBE READER
8.1.2
v
Klik dua kali master adobe reader 8.1.2.
v
Komputer akan melakukan proses setup.
v
Akan muncul tampilan Destination Folder.Perhatikan
juga bahwa instalasi akan ditempatkan di drive C pada volder program files.Jika
ingin mengubah klik Change Destination Folder dan jika ingin melanjutkan klik
next.
v
Muncul tampilan Ready to Install the program
yang menandakan bahwa program Adobe Reader 8.1.2 sudah siap untukdi
install.Kemudian klik install untuk memulai proses instalasi.
v
Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi
selesai.
v
Setelah selesai akan muncul tampilan Setup
Complete.Klik finish dan proses instalasi selesai.
LANGKAH INSTALASI COREL DRAW
GRAPHICS SUITE 12
v Masukan CD master Corel Draw
Grahics Suite 12 dalam CD ROM,jalankan file masternya.
v Muncul kotak dialog Licence
Agreement.Pilih “I Accept the terms in the licence agreement”, klik next.
v Muncul Costumer
Information.Masukkan nama user dan organization serta masukan juga serial
numbernya,klik next.
v Kemudian muncul tampilan Custom
Setup yang menunjukan komponen yang akan di install, klik next untuk
melanjutkan.
v Kemudian muncul Destination Folder
yang menunjukan lokasi penginstalan.Klik install untuk proses penginstalan.
v Komputer akan melakukan proses
penginstalan.Tunggu hingga proses selesai.
v Lalu akan muncul tampilan
Regristration.Pilih Registration Later lalu klik OK.
v Akan muncul Instalation Wizard
Complete.Klik finish dan instalasi Corel Draw Graphic Suite 12 sudah selesai.
LANGKAH INSTALASI CYBERLINK POWER
DVD
v Masukan CD master Cyberlink Power
DVD ke CD ROM,jalankan file setup Cyberlink Power DVD.
v Kemudian muncul tampilan pertama proses
penginstalan,tunggu hingga selesai.
v Lalu muncul tampilan “Welcome to
the install Shield Wizard for power DVD”,klik next.
v Kemudian muncul tampilan Licence
Agreement,pilih Yes.
v Lalu muncul tampilan Installing
Following Programs.
v Selanjutnya akan muncul tampilan
perintah pengisian product key,isikan product key,lalu klik next.
v Lalu muncul Choose Destination
Location ,klik next.
v Muncul tampilan Select Default
Skin,pilih Glow (recomended) klik next.
v Selanjutnya akan muncul tampilan
proses penginstalan,tunggu hingga selesai.
v Setelah muncul tampilan di bawah
ini,klik next.
v Lalu akan muncul tampilan Setup
Complete,klik finish.
LANGKAH INSTALASI AVIRA ANTIVIRUS
v Double click pada shortcut Avira.
v Tekan continue untuk setuju
dengan pernyataan mengenai antivirus Avira.
v Tunggu beberapa saat hingga
proses instalasi selasai.
v Selanjutnya tekan Next.
v Muncul tampilan kemudian tekan
Nekt lagi.
v Centang “I accept the terms of
the licence agrements” dan lanjutkan dengan menekan Next.
v Kemudian centang kembali “I accept that Avira
Antivir Personal – Free Antivirus for private use only …….” dan lanjutkan pula
dengan menekan Next.
v Pilih Complete untuk instalasi secara lengkap
atau Custom untuk mengatur sendiri intalasi. Next….
v Muncul tampilan registrasi
kemudian hilangkan semua tanda. Next…
v Muncul tampilan setup status tunggu sampai
proses instalasi selesai.
v Proses pengcopyan file sedang
berlangsung.
v Tekan Finish.
v Kemudian tekan next.
v Muncul tampilan klik next.
v Muncul tampilan select
extended......,tekan next.
v Pilih normal start,klik next.
v Muncul tampilan system scan,klik
next .
v Kemudian klik finish.
LANGKAH INSTALASI WINDOWS MOVIE MAKER
·
Klik 2x pada file Windows Movie Maker.
·
Tampilan awal penginstalan Windows Movie Maker, klik Next.
·
Proses Penginstalan dimulai.
·
Tampilan perjanjian lisensi, klik pada I accept the agreement lalu klik
Next.
·
Tampilan dimana file aplikasi Windows Movie Maker akan di simpan, klik
Next.
·
Nama folder yang akan tampil di start menu, klik Next.
·
Klik pada box apabila kita ingin membuat shortcut pada desktop, klik Next.
·
Tampilan apa saja yang telah kita pilih di menu sebelumnya, klik
Install.Proses penginstalan.
·
Tampilan akhir penginstalan, klik Finish.
LANGKAH INSTALASI WINRAR
v Klik 2x file Winrar yang akan di
install
v Tampilan pertama install tentukan
dimana lokasi kita akan menyimpan file aplikasi Winrar tersebut, lalu klik
Instal
v Proses instalasi sedang
berlangsung
v Tampilan fitur yang di sediakan
oleh winrar silahkan pilih, lalu klik OK
v Tampilan akhir penginstalan
Winrar, klik Done.
LANGKAH INSTALASI WINAMP
v
Jalankan file exsekusinya (EXE) lihat pada gambar yang sudah tertera pada
dibawah ini.
v
Pada halaman License Agreement, klik I Agree untuk menyetujui lisensi yang
diberikan. Lihat pada gambar dibawah ini.
v
Selanjutnya ditampilkan tipe
instalasi, pilih full atau pilih komponen yang akan disertakan dalam instalasi.
Klik next untuk melanjutkan instalasi, lihat pada gambar dibawah ini.
v
Pada langkah berikutnya anda diminta
untuk menentukan lokasi penyimpanan instalasi program winamp. Tentukan
lokasinya dan tekan next. Lihat pada gambar dibawah ini.
v
Pada halaman Choose Install Option
di bagian Select icon to install and media associations pilih
komponen yang diikutkan dalam instalasi dan klik next untuk melanjutkan.
v
Pada halaman Internet Connection
Settings, tentukanlan jenis koneksi internet yang anda gunakan pada
bagian Internet Connection. Apabila computer anda tidak terhubung dengan
jaringan intenet pilih not connection to the internet klik next untuk
melanjutkan.
v
Pada bagian display menus and dialog boxes in the following language , anda
disuruh menentukan bahasa, klik tombol next untuk melanjutkan installasi.
v
Selanjutnya proses instalasi akan
dijalankan, tunggu hingga proses imtallasi selesai.
v
setelah proses instalasi sudah selesai, program winamp yang sudah diinstal
akan dijalankan dan program ini sudah bisa mulai digunakan.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Software disebut juga dengan
perangkat lunak. Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik
yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh
komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu
perintah.Pembagian software :
1. OS (Operating System)
2. Aplikasi atau Program
3. Bahasa Pemograman
Perkembangan software dari masa ke
masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat yang
diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang.
Dulu software diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam
penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi
seiring dengan perkembangan zaman software ini terus berevolusi menjadi mesin serba
guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
Oleh karena itu, kata dasar
software berasal dari kata “software” yang berarti menghitung dengan kata lain
komputer berati alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles
Babbage, kecerdasannya logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya
mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine
pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai
alat perhitungan-perhitungan umum.
Diantara teknologi informasi yang
hampir disetiap tempat kita temukan software. Sekarang software sangat
berkembang pesat hampir setiap tahun software selalu mengalami
perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah, dikafe,
disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari software itu
sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan
computer maka hanya bias di kantor atau dirumah, kalau sekarang mereka bias
menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
B. SARAN
Untuk kemajuan teknologi computer
maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir
dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif.
Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi
manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi
computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang
mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
Kemajuan computer software dimasa
mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga
mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan
teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system
komputerisasi.
DAFTAR
PUSTAKA
http://rudichum.blogspot.com/2013/12/makalah-perangkat-lunak-software.html
Kuwat. Mengenal Komputer dan Cara Menginstall
Software.Jakarta
Komentar
Posting Komentar